Selasa, 11 Oktober 2011

Algoritma Pertemuan ke 4

Keyword Pada Psedocode
1. BEGIN
Menyatakan awal psedocode
Keyword ini harus ada dan di letakkan di nomor 1 (satu). Dari sini intruksi bermula.

2. END
Menyatakan akhir psedocode
Keyword ini harus ada dan diletakkan dinomor terakhir. Di sini intruksi berakhir.

3. IF-THEN
Menyatakan alternatif pilihan dengan sebuah kemungkinan proses terusan.
IF (kondisi) THEN (pernyataan)
Jika (kondisi) bernilai BENAR maka (pernyataan) akan dikerjakan. Sebaliknya, baris ini akan dilompati.

4. IF-THEN-ELSE
Menyatakan alternatif pilihan dengan 2 (dua) kemungkinan alur tersusun.
IF (tersusun) THEN (pernyataan_1)
                      ELSE (pernyataan_2)
Jika (kondisi) bernilai benar maka (pernyataan_1) akan dikerjakan, sebaliknya (pernyataan_2) yang akan dikerjakan.

5. WHILE
Menyatakan adanya proses berulang bersyarat while (kondisi)
(pernyataan_1)
.......
(pernyataan_n)
Selama (kondisi) bernilai BENAR maka (pernyataan_1) sampai dengan (pernyataan_n) yang akan dikerjakan.

6. FOR
Menyatakan perulangan tanpa syarat.
FOR Var = awal To akhir
(pernyataan_1)
 .........
(pernyataan_2)
(pernyataan_1) sampai dengan (pernyataan_n) akan dikerjakan seiring dengan pergerakan nilai vortable "var" dari nilai "awal" sampai nilai "akhir"

FLOWCHART
1. Flowchart digunakan untuk menuliskan algoritma menggunakan serangkaian simbol khusus.
2. Setiap pernyataan dalam flowchart ditulis dalam simbol. Beberapa keyword juga ditulis dalam simbol mendahului pernyataan bermaksud.
3. Terdapat simbol GARIS BERARAH yang menyatakan arah proses berikutny dari satu simbol ke simbol yang lain yang mengikuti dari arah yang ditunjuk oleh GARIS BERARAH.

Simbol Pada Flowchart
1. Arrow
Menyatakan arah proses yang bergerak dari satu simbol ke simbol berikutnya. Pembacaan flowchart harus mengikuti arah panah yang keluar dari sebuah simbol.
Penggambaran garis tanpa disertai arah panah merupakan kesalahan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi5qIX9KBkus2R0YIOqroYzq3oZb0qick-bVgaXSpED0ZU3GBSSOJ9fXjrpHAsmvgnBrFALa9mkKaj68a7sDzqT7yIFUwaPBZBljjJkQuoNUdlOsHGzgOpBEC4TuZyegAoj01s7F_05UBo/s200/1.jpg



2.

3. Process
- Menyatakan proses yang terjadi secara internal didalam komputer tanpa campur tangan manusia.
- Seringkali berupa ekspresi matematika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar